Tampilan Blog Seo Friendly di Hp


Saya membuat blog ini dengan salah satu tujuan agar dapat diakses di Handphone (HP), atau harapanku yakni blog ini Responsive. Sebuah tampilan blog yang responsif adalah blog yang dapat diakses di layar Desktop Komputer dengan segala ukuran atau pixels Dekstop, Handphone dengan berbagai pixels (ukuran), laptop, notebook, iPad, Smartphone dan lain-lain. Namun fokus artikel ini yakni tampilan blog yang responsive di Handphone.

Bagi pengguna Handphone pasti sudah mengetahui ukuran layar handphone, ada yang kecil sampai ukuran yang relatif besar dalam kategori Handphone. Karena bila ukuran Handphone terlalu besar seperti layar komputer maka susah dimasukan di kantong celana atau baju, maupun tas. Bisanya hanya di meja kantor atau rumah.

Untuk mendesain blog agar blog kita bisa tampil di Handphone berbagai ukuran maka kita tidak harus menjadi desainer blog yang ahli mendesain kode-kode untuk ukuran layar Handphone. Kode-kode template itu kita pasti sulit mengertinya karena pakai kode HTML dan XML. Sayapun tidak banyak mengerti kode HTML dan HML template blog. Jadi, yang kita lakukan yaitu mencari template blog yang sudah jadi, kita tinggal download dan pasang di blog. Kita bisa modivikasi tetapi kalau tidak mengerti maka hal itupun sulit. Yang bisa kita lakukan adalah hapus gadget yang tidak kita butuhkan dalam template tersebut. Namun kita tidak boleh menghapus kode hak cipta dari desainer template.

Oleh karena itu usaha kita agar blog kita tampil dalam handphone adalah mencari template blog yang ada fitur "Responsif". Bila dalam sebuah template ada fitur responsif maka template blog tersebut akan mudah menyesuaikan ukuran dari setiap layar handphone, atau pixels Handphone.

Template blog yang saya maksudkan disini, yaitu template blog dari pihak ketiga, khususnya template blogger. Template blogger artinya cocok untuk blogspot, ada juga template yang hanya untuk blog wordpress. Namun dalam pengalaman saya, ada template yang bisa dipakai di blogspot dan wordpres.

Akan tetapi bila pengunjung tetap menggunakan template blogspot (template bawaan blogspot) maka jangan kuatir dengan tampilan blog di Handphone. Mengapa demikian? Karena blogspot sudah mendesain tampilan blog khusus untuk mobilephone. Jadi, tidak perlu susah-susah mencari template yang mobile friendly. Hanya saja dari sisi tampilan, akan lebih kren kalau kita menggunakan template blogger. Template-template blogger dirancang untuk tujuan profesional, untuk itu ada yang free dan berbayar. Template Blogger demikian, dirancang dengan unsur profesional sehingga tampilan blog kita akan kelihatan profesional dari sisi tampilan, namun dari sisi domain dan hosting masih menggunakan blogspot.


Kesimpulannya:


Jika pengunjung ingin agar blognya memakai template blogger dan diakses di handphone dengan berbagai pixels maka carilah template blog yang ada unsur Responsive, jangan lupa juga fitur seperti Seo Friendly. Maksudnya agar blog cepat dikenal SEO Google. Kalau dikenal Google maka google akan membawa ke halaman terdepan sehingga pengunjung lebih cepat klik.

Jika tetap menggunakan template blogspot maka tinggal menata estetika tampilan blognya, seperti Header, Deskripsi, ruang postingan, bilah kiri dan kanan, dan footer disiapkan secara cantik agar pengunjung senang melihatnya dan merasa betah di blog kita.

Template Blogger itu sangat banyak, misalnya: Template Blogger di Goyabi, BTemplate, SoraTemplate, dll. Tinggal cari di Google dengan kata kunci Template Blog, Template Blog Seo Friendly, Template Blog Responsive dan seterusnya. Kalau sudah ketemu, cari yang free. Pelajari deskripsi blog, pastikan bahwa template blog yang ada pakai nanti mempunyai fitur "Responsif" tambah seo friendly dan kawan-kawan dekatnya (Maksudku istilah-istilah yang berhubungan dengan itu. Misalnya Mobile Friendly).

Bila kita gunakan template blog yang responsif maka "Tampilan Blog Kita akan gampang menyesuaikan diri dengan ukuran layar handphone. Seperti Tampilan blog seo friendly ini dapat diakses di Handphone dengan berbagai ukuran.

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post