Cara memasang Sitemap blog yang SEO Friendly


Menemukan template blog yang SEO Friendly dan memasangnya di blogspot merupakan suatu kerinduan para blogger, khususnya blogger pemula dan menengah. Kira-kira saya ada di kelas menengah, tidak pemula bangat. ha ha ha. Kemarin saya memposting empat komponen yang mesti ada dalam sebuah template blog yang SEO Friendly. Salah satunya yaitu "Sitemap" atau peta situs, sering juga disebut daftar isi blog yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi dengan klik tombol navigasi yang ada pada sitemap. Setelah postingan, saya berusaha mencari di internet tentang "cara membuat sitemap". Sebelumnya saya sudah menemukan beberapa cara tetapi hasilnya kurang memuaskan. Saya kemudian mencari lagi, tepat jam 12 malam saya ketemu sebuah blog yang membahas tentang "cara membuat sitemap otomatis sederhana di Blogger", blog itu nanti akan dijumpai pada akhir sitemap dalam blog ini. Maksudnya ketika mengklik sebuah tanda pada bagian akhir sitemap maka kita akan dibawa ke blog yang memberi tutorial terhadap cara membuat sitemap blog.

Saya berjuang secara serius untuk menemukan sitemap ini karena dalam tampilan blog di "Header Blog" ada tombol navigasi Sitemap. Oleh karena kode xml tombol navigasi sitemap dalam header blog sudah menyatu dengan HTML blog maka saya harus menemukan sebuah cara mendapatkan kode url untuk memasukan ke dalamnya. Saya kemudian mendapatkan ide, yaitu mencari kode sitemap untuk dipasang di blog dan setelah itu mengambil linknya untuk dipasang di xml sitemap dengan cara masuk ke edit HTML lalu mencari kode sitemap untuk segera dipasang kode sitemap. Ternyata cara itu berhasil. Berikut cara saya dalam membuat sitemap blog.

1. Cari kode sitemap yang sudah jadi

2. Pasang sesuai petunjuk
3. Lihat hasilnya.

4. Copi link url sitemap

5. Masukan di kodesitemap yang sudah terintegrasi di HTML dengan cara klik edit HTML kemudian cari kode sitemap dan pasang, lalu simpan

6. Lihat hasilnya

Konkritnya demikian.

Pada tampilan blog saya, di header blog (lihat yang ditandai warna merah), ada Sitemap. Lihat gambar berikut.


Pada tangkapan layar di atas nampak ada tombol navigasi yang sudah didesain oleh desainer template blog SEO Friendly. Pada kasus ini, sitemap belum berfungsi secara baik. Sitemap belum berfungsi karena belum dilengkapi URL yang akan mengatur setiap judul artikel dalam blog yang dihimpun menjadi satu halaman sehingga memudahkan pengunjung blog untuk mengklik artikel yang dicari. Oleh karena itu kita harus mengaktifkan sitemap dengan cara memasang URL sitemap pada kode HTML di bagian header blog. Caranya lihat penjelasan selanjutnya.


Kini saya masuk kepada cara mendapatkan kode xml sitemap untuk dipasangkan di laman blog. Cara di google tentang kode xml sitemap atau "cara membuat sitemap blog. Ada banyak blog yang membahas sitemap disertai dengan kode yang harus dikopas ke blog. Namun jangan kecewe bila ada yang tidak berhasil. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, diantaranya: situs pembuat kode xml sitemap sudah beralih ke profesional artinya menjadi berbayar, bisa juga karena URL yang tidak sesuai. Misalnya blog kita URLnya http sedangkan kode sitemap memakai situs dengan URL https atau sebaliknya. Jadi banyak faktor penyebab gagalnya penerapan kode sitemap yang kita dapatkan dari suatu blog. Namun jangan kecewa dan berhenti berjuang karena perjuangan pasti ada hasil. Saya juga alami demikian sampai berhasil menemukan kode sitemap dan menerapkannya. Bahkan dalam penerapannya juga sering gagal. Akan tetapi inti kesuksesan adalah jangan berhenti mencoba. Gagal sekali berjuang lagi dan setrusnya sampai berhasil. Ketika saya menerapkan kode sitemap yang diberikan dalam suatu blog, sayapun gagal beberapa kali namun akhirnya berhasil. Kode sitemap yang saya maksudkan dapat anda kunjungi di blog DuaRupa: https://duarupa.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-sitemap-blog.html.


Bila Anda sudah mengunjungi blog tersebut dan mendapat kode sitemap maka jangan bingung kalau anda gagal dalam menerapkannya. Karena perintahnya hapus semua yang ditandai warna merah dan ganti dengan URL anda. Berdasarkan pengalaman saya, saya hanya mengganti URL yang kedua yaitu dengan URL Blog tanpa garis bawah. Maksudnya kalau kopipaste kan sering ada garis bawah di alamat blog. Jadi hilangkan garis bawah tersebut dan pasang di URL yang diminta.

Setelah Anda sukses memasang kode sitemap kemudian berusaha memasang di HTML Blog pihak ketiga yang menyediakan template Blog SEO Freindly maka klik sitemap kemudian copi paste URL Sitemap dan pasang pada bagian sitemap di HTML Blog.


Caranya:

1. Masuk ke Halaman Blog
2. Klik tema
3. Klik Edit HTML
4. Setlah terbuka, cari kode yang ada tulisan sitemap
5. Pasang URL sitemap yang sudah dikopi dan pastekan pada tanda #, kemudian jangan lupa hapus tanda pagar tersebut
6. Save

Lihat Gambar berikut:


Pada tampilan gambar di atas, perhatikan kode yang ditandai dengan warna yang nampak buram. Dalam kode yang ditandai dengan warna buram ada tulisan sitemap, kemudian ada alamat URL seperti ini: https://tampilanblogseofriendly.blogspot.co.id/p/sitemap_87.html Alamat URL ini merupakan alamat dari postingan kode sitemap yang sudah dimasukan di laman. Perhatikan dengan cermat perubahan kode-kode tersebut dalam gambar di atas sebelum kode sitemap, pasti ada perbedaan. Jadi, tempatkan kode atau alamat URL postingan sitemap di antara dua tanda petik. Caranya hapus tanda pagar dan gantikan dengan memasukan alamt URL postingan sitemap.


Semoga bermanfaat

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post