5 Cara yang mempengaruhi Tampilan Blog Seo Friendly



Untuk membuat blog tampil secara seo friendly tentu ada caranya. Ada 5 cara yang mau bagikan kepada pengunjung blog. 5 Cara yang dapat diterapkan mengelola sebuah blog sehingga membuat tampilkan blog yang disukai google dan pengunjung. Tentu ada banyak cara, sambil persiapan ke langkah yang lebih tinggi, kita mulai dengan 5 cara yang sederhana ini. Namun sebelum saya membahas lima cara itu harus diingat bahwa ada unsur teknis yang disebut dengan pemenuhan keinginan google, seperti pemenuhan sebuah blog akan unsur template blog yang seo friendly. Kemudian unsur-unsur lain yang perlu diperhatikan. Kini saya mulai dengan 5 cara yang berpengaruh terhadap tampilan blog.


1. Mempercantik blog dengan foto yang sesuai artikel postingan


Manusia adalah makluk rasional yang estetika. Artinya manusia suka bernalar dan suka keindahan. Bila blog ditata dengan gambar-gambar hasil cepretan sendiri maupun orang lain, seperti gambar gratis di pixabay maka pemilik blog dan pengunjung blog pasti menyukainya. Google juga katanya suka kalau setiap artikel disertai gambar atau foto yang sesuai isi artikel. Namun penyertaan gambar dalam blog dalam kapasitas yang berlebihan juga akan mempengaruhi loading blog mejadi lambat. Oleh karena itu cantumkan gambar secukupnya. Saya mencoba dengan satu artikel untuk setiap postingan.Ini bukan aturan standar tetapi saya bermaksud agar blog ini tidak lamban loadingnya ketika diakses.Misalnya, dalam blog ini saya menghapus beberapa gambar untuk dua artikel karena mempengaruhi kecepatan loading blog sehingga nilainya pada waktu dicoba melalui Page Speed Tools

menjadi NEEDS WORK, Saya harus berjuang lagi supaya blog saya menjadi GOOD. Artinya kecepatan loadingnya menjadi bagus. Untuk itu saya mempunyai tiga pilihan, pertama memposting artikel berikutnya tanpa gambar tapi kurang estetis; kedua, menyertakan foto pada artikel dengan foto yang sudah dikompres supaya beban loading menjadi ringab; ketiga, mengkompres blog. Pilihan ketiga ini saya belum berani karena takut data-data dalam blog menjadi terganggu atau hilang dan sulit saya kembalikan.


2. Menggunakan Template yang memiliki unsur estetika


2.1. Template bawaan Blogger


Ketika kita menggunakan template, baik itu template bawaan blog seperti template Blogspot, gunakan template blog yang mempengaruhi pandangan. Artinya dari sisi estetika (keindahan), blog tersebut menarik orang untuk melihatnya. Dalam blogspot ada banyak pilihan. Kita bisa pilih sesuai pertimbangan estetika. Kita kemudian diberi hak untuk menatanya lebih elok untuk dilihat ketika pengunjung berhasil berkunjung ke blog kita. Bila kita menggunakan template blogspot maka kita bisa mengatur tampilan header blog supaya indah di mata yang melihatnya, selain itu laman blog berikutnya seperti halaman postingan artikel, bilah kiri dan kanan, atau hanya satu bila, bergantung kesukaan kita. Namun kita harus menata supaya nampak estetisnya.


2.2. Template Blog dari Pihak Ketiga


Selain template blog dari blogspot, kita juga diizinkan blogspot untuk menggunakan template blog dari situs-situs lain. Itulah yang dimaksud dengan pihak ketiga. Ada banyak situs yang menyediakan template blog dengan berbagai kategori template. Template tersebut kita bisa dapatkan secara gratis (free template dan berbayar (template premium). Pada waktu kita memilih template blog di situs-situs penyedia template blog harus diperhatikan tampilannya. Hal ini mudah kita ketahui melalui tombol demo yang disediakan situs tersebut. Sebelum kita download template, kita perhatikan tampilannya seperti apa. Bila sudah cocok dari sisi keindahan maka kita download dan menggunakan untuk blog kita.


3. Letak Tombol Navigasi Blog


Aspek lain yang mempengaruhi keindahan tampilan sebuah blog yaitu letak tombol navigasi. Tombol Navigasi ini memudhkan pengunjung untuk mengakses artikel kita dalam blog secara mudah. Namun yang menjadi persoalan adalah letak tombol navigasi sering kurang estetis di pandangan mata. Tombol Navigasi yang baik dan elok dipandang dalam sebuah blog adalah tombol navigasi yang horisontal dengan penataan jarak yang rapih. Tombol navigasi diatur seperlunya saja. Bila terlalu banyak tombol naviasi akan juga mempengaruhi unsur kindahan tampilan sebuah blog. Bayangkan jika ada 100 artikel atau 500 artikel dalam sebuah blog, dan setiap postingan dibuatkan tombol navigasi maka sakan numpuk di area tombol navigasi sehingga kelihatan terlalu padat dan mengganggu pemandangan. Lebih baik dibuatkan sitemap (peta situs/peta blog atau juga disebut daftar isi blog). Lihat dalam uraian Sitemap blog.


4. Warna Template Blog


Warna template juga punya pengaruh terhadap keindahan sebuah blog. Ibarat burung merak ada warna warni sehingga sayap burung merak ketika dikepak menjadi sangat indah dalam pemandangan. Demikian juga blog. Pilih warna yang cocok. Warna itu disukai pengunjung bahkan juga warna kesukaan google. Beberapa blogger menyarankan warna putih, cari tampilan template blog yang berwarna putih, tampilannya kinclong. Nah itu disukai orang.


5. Sitemap Blog


Sitem blog juga mempengaruhi tampilan sebuah blog. Bila sitemapnya bagus atau keren sesuai dengan perkembangan kode-kode html maupun xml blog. Dari sitemap yang bagus, cari sitemap yang seo friendly akan membuat blog kita senang dilihat dan dikunjungi pengunjung blog. Ada sebuah blog yang membuat sitemap yang paling kren, saya sudah pergunakan sitemap tersebut. Sitemap tersebut sedemikain mantap. Saya sangat menyukai sitemap tersebut. Tunggu ya nanti saya cantumkan link ke alamat blog tersebut.


Masih ada yang lain, nanti saya lanjutkan


Semoga bermanfaat


Post a Comment

Previous Post Next Post