Pengaruh Kompres Foto terhadap tampilan Blog Yang SEO Friendly


Tampilan blog yang disukai setiap orang, khususnya yang disukai mesin pencari seperti Google, biasanya disebut SEO friendly, selain itu tampilan blog yang disukai pengunjung blog adalah blog yang ketika diakses, loadingnya tidak terlalu lama atau lelet. Apa penyebabnya? Salah satunya yaitu postingan artikel dengan foto maupun hanya foto dalam ukuran besar. Jika demikian tidak perlu memposting foto? Bukan demikian!. Kita harus membuat foto yang disertakan dengan artikel menjadi foto yang tidak memberatkan loading blog, alias ringan. Jadi, bagaimana membuat foto menjadi ringan sehingga berpengaruh terhadap SEO untuk blog kita dalam kategori Blog yang Seo friendly. Perhatikan cara membuat foto menjadi ringan dalam postingan blog berikut ini.


1. Kompres Foto


Memuat gmabar di blog memang menyenangkan, apalagi gambar atau foto hasil cepretan yang dipakai untuk memudahkan orang memahami artikel. Namun ada masalah, yaitu bila beberapa foto dimuat dalam blog maka akan menambah beban loading sehingga kecepatannya berkurang. Akibatnya kita yang membuka blog maupun pengunjung akan menunggu beberapa menit lamanya. Hal ini kadang membosankan, bagi pengunjung, hal ini akan mempengaruhinya untuk segera meninggalkan blog kita dan beralih ke blog lain yang lebih ringan untuk diakses. Bahkan blog yang loadingnya cepat akan menyenangkan setiap pengunjung yang membuka blog tersebut.


Untuk mengatasi masalah beratnya loading blog karena postingan foto yang ada dalam blog maka kita harus kompres foto yang akan digunakan di blog. Tujuan dikompress agar ukuran foto dan beberapa unsur lain yang memberatkan loading blog dapat diminimalisasi oleh foto yang telah dikompres. Misalnya foto yang dikompress ukurannya terlalu besar maka akan disesuaikan saat dikompress oleh sistem yang disediakan dalam situs penyedia jasa kompress foto.


2. Mengunjungi situs Ahli Kompres Foto


Ada banyak situs yang menyediakan jasa kompress foto, namun dalam kesempatan ini saya sharing dengan pembaca blog akan salah satu situs, yaitu TINYPNG. Silakan Anda klik lalu pelajari, bila cocok maka Anda bisa kompress foto di situs tersebut.

Foto-foto yang akan dikompress sebaiknya berada dalam satu folder khusus, setelah dikompress, masukan lagi dalam folder khusus tadi dengan membuat pemisahan sebelum dikompress dan sesudah dikompress. Karena nanti yang digunakan adalah foto yang sudah di kompress. Setelah itu uji kecepatan loading blog di Google dengan mengujungi tutorial blog pendidikan.Silakan cari link dengan frasa Page Speed Insights


Selamat mengompres foto atau gambar yang akan dijadikan sebagai ilustrasi artikel.


Berikut Foto Hasil Kompres TINYPNG. Foto tentang Hamster peliharaanku di rumah. Hamster lucu, penghibur ketika pulang dari kerja.



Semoga bermanfaat

Post a Comment

Previous Post Next Post