Tak disangka blogku naik peringkat Google


Kita semua tahu peringkat google. Peringkat itu dimulai dari 10 besar dan seterusnya. Bagaimana suasana hati bila blog anda terindeks Google dalam 10 besar. Hal itu terjadi untuk blogku dengan judul Tampilan Blog SEO Friendly. Tak disangka blogku bisa naik peringkat Google. Ini kisahnya.


Hari ini tanggal, 29 Juni 2017 tepat pukul 12.41 saya mencari peringkat blog saya dengan Judul Tampilan Blog SEO Friendly di mesin pencari internet, yaitu google, muncul dalam layar computer dengan angka persaingan untuk keyword tersebut sebanyak 1.750.000. Saya berpikir mungkin membutuhkan waktu yang relatih lama untuk blog saya terindek di google.co.id di peringkat 1 sampai 10 besar. Ternyata ketika saya klik angka 2 pada rentang horizontal peringkat google, saya menemukan bahwa blog saya berada pada urutan ke 10. Artinya blog saya mulai terindek google untuk urutan ke 20.

Hasil ini tentu menggembirakan, mengapa demikian karena postingan bisa bersaingan dengan postingan para blogger professional. Ada yang menyatakan bahwa bila keyword yang kita pakai tidak terlalu banyak dipergunakan maka tingkat persaingannya mudah sehingga blog kita bisa terindek google dalam waktu beberapa menit atau beberapa jam setelah memposting artikel dalam blog. Sebaliknya, bila kata kunci yang kita pakai dalam blog memiliki tingkat persaingan yang tinggi maka kemungkinan blog kita agak lama terindek oleh google dengan kata kunci yang kita bidik. Dikatakan bahwa bila kata kunci atau key word tersebut memiliki tingkat persaingan yang tinggi maka waktu yang kita perlukan untuk blog kita terindeks google adalah antara 1 sampai 2 minggu. Ini ada benarnya, saya membuat blog dan posting artikel pada tanggal, 16 Juni 2017 dan hasilnya baru terindek google dengan kata kunci “Tampilan Blog SEO Friendly” pada tanggal 29 Juni 2017, persis 2 minggu kurang beberapa hari. Apa yang menyebabkan blog saya terindek google? Ada beberapa jawaban (dugaan):


1. Saya membuat Judul Blog dan alamat blog dengan kata kunci yang sama.


Judul blognya “Tampilan Blog SEO Friendly”. Sebenarnya saya mau buat Template Blog SEO Friendly tetapi saya belum mahir atau katakanlah ahli dalam membahas template blog. Jadi saya pilih yang bisa saya lakukan. Karena Judul blog adalah janji kepada pembaca dank arena janji maka harus ditepati pada setiap p[ostingan. Oleh karena itu saya memilih Tampilan Blog SEO Friendly. Kalau tema ini ya saya bisa garap. Saya bisa menulis tentang apa saja yang berhubungan dengan tampilan blog yang membuat terindek oleh Google. Ternyata gambaran ini terwujud, yaitu blog terindek google dalam waktu 2 minggu. Ingat bahwa saya menghadapi tantangan yang cukup tinggi yaitu 1.750.000.

Pada waktu awal postingan saya sudah menyatakan bahwa rintangan saya dalam mewujudkan blog yang terindek google dengan kata kunci yang banyak dipakai ini berada pada angka 1.900.000 an. Akan tetapi saya memberanikan diri untuk membuat blog dengan kata kunci yang memiliki tingkat persaingan tinggi.

Apa yang hendak saya sampaikan dalam pengalaman ini, yaitu motivasi dan semangat berjuang. Jangan melihat rintangan tetapi bangunlah motivasi, arahkan segenap kemampuan, rintangan pasti dilalui. Saya yakin blog saya akan terindek oleh google.co.id dalam urutan 10 besar bila saya terus menulis artikel yang disukai google.



Sekarang perhatikan gambar berikut ini (gamabr sudah dihapus karena mempengaruhi loading blog, tetapi gantinya langsung lihat saya posisi blog per 15 Juli 2017 dengan urutan 5 google.co.id. Baca Blogku Naik Peringkat 5:


2. Menulis artikel dengan kejujuran.


Apa yang saya maksudkan dengan menulis artikel dengan kejujuran? Yang saya maksudkan yakni tulis dan publikasi di blog dengan artikel yang bukan hasil kopi dan diminum di laman blog. Ha ha ha. Maksudnya jangan kopi paste melulu. Kita boleh baca blog orang lain yang temanya sama, isi itu menjadi inspirasi bagi kita untuk kita tampil atau menulis dengan gaya kita dan sampaikan kepada pembaca. Sebab kata sobat-sobat di internet, Google tidak suka dengan Kopi Paste. Berdasarkan kesukaan pak Google dan mama Google itu, saya berusaha untuk menulis artikel yang sesuai dengan pikiran saya. Mungkin apa yang saya kemukakan sudah ada pada pikiran dan sudah dipublikasikan orang lain. Akan tetapi saya berusaha untuk menulis dalam kejujuran.


3. Saya mulai menggunakan judul artikel yang singkat


Beberapa postingan dalam blog ini saya usahakan agar tidak terlalu panjang. Judul artikel diusahakan untuk tidak terlalu panjang.


4. Ada si dia yang disukai dalam judul artikel


SI dia yang saya maksudkan yaitu “key word” yang kita pakai. Usahakan supaya dalam judul itu ada keyword yang menjadi focus utama dalam sebuah blog. Bila itu ada dalam postingan maka kata orang, blog kita bisa naik peringkat. Google suka mengindeks judul artikel yang ada kata kunci. Jadi, usahakan postingan tidak boleh tidak menggunakan kata kunci yang relevan dengan blog.


5. Lamanya waktu berkecimpung dalam ngeblog.


Kalau kita terbiasa menulis artikel dan posting di blog maka Google sudah mengenal sehingga sangat mudah Google menyapa kita, maksudnya mengindeks blog kita. Saya sudah punya beberapa blog. Saya berkecimpung dalam dunia blog sejak 2008, tetapi baru serius membuat blog yang melahirkan banyak anak (baca: beberapa blog dari email yang berbeda), mungkin sudah ratusan blog yang tercipta. Tetapi jangan berpikir bahwa saya sudah blogger professional. Saya masih tetap blogger part time, belum menjadi blogger full time. Oleh karena senang membuat blog baru dan mengkreasikan blog maka ada juga blog-blog yang tidak terawatt secara baik.


Demikian postingan ini kiranya bermanfaat


Salam

Post a Comment

Previous Post Next Post