Tampilan Blog Seo Friendly yang disukai Google


Foto di atas hanya sebagai simbol yang menggambarkan sukacita, ada sebuah kesukaan yang terjadi. Dalam suasana demikian juga saya hendak menggambar apa yang dilakukan google terhadap blog kita. Memang google bukan manusia tetapi hanyalah mesin yang sistemnya sudah diatur untuk menerima atau menolak. Mempopulerkan atau membenamkan urutan blog. Jadi google mana yang menyukai judul potingan Tampilan Blog Seo Friendly. Ada Google.com dan Google Adsense.com. Jadi Google mana yang dimaksud oleh judul postingan ini. Google.com suka apa dari blog para blogger, demikian juga Google Adsense.com menyukai apanya dari blog kita. Apakah Tampilan Blog Seo Friendly dan blog Anda disukai googledotcom dengan google Adsensedotcom? Silakan perhatikan 7 kesukaan Google terhadap penampilan blog berikut ini.


1. Tampilan Blog Seo Friendly yang fokus pada 1 niche.


Maksudnya topik yang dibahas di blog hanya satu topik, tidak “gado-gado” (campuran), atau blog yang isinya seperti grosir (macam-macam topik), jadi sebaiknya satu topik. Katanya, blog yang fokus pada satu pokok pembahasan memiliki peluang yang lebih gampang dalam SEO google, bing, yahoo dll. Membahas satu topik dalam blog lebih gampang mendapat kedudukan atau peringkat di mesin pencari seperti google dan kawan-kawan yang biasa dipakai pengunjung di seluruh dunia untuk mencari informasi di internet.


2. Tampilan Blog Seo Friendly yang disukai Google Adsense.


Pengalaman saya di Google Adsense memang belum dapat dipakai untuk poin ini. Karena saya mengalami beberapa penolakan. Saya memang fokus pada satu bidang, beberapa blog yang saya ajukan juga dapat dikatakan blog 1 niche. Akan tetapi ada unsur lain yang harus diperbaiki sehingga google Adsense meminta saya untuk memperbaiki sebelum mengajukan lagi.

Walaupun demikian, para blogger yang sudah berpengalaman dalam google Adsense menyatakan bahwa google Adsense suka pada blog yang pembahasannya satu berfokus pada satu tema. Misalnya tema tentang Tampilan Blog Seo Friendly atau Template Blog Seo Friendly Responsive.

Jadi, kalau blog kita 1 niche maka peluang diterima sebagai publisher Google Adsense sangat terbuka lebar. Hal ini bisa diterima karena Google Adsense akan begitu mudah menampilkan iklan yang relevan dengan topik atau tema blog yang hanya satu niche


3. Memenangkan pertarungan dalam posisi Google


Bila kita membahas satu topik dengan kualitas postingan yang tetap konsisten dengan tema blog maka Google akan mengurutkan posisi blog kita dalam ranking yang memudahkan untuk dapat dilihat oleh pengunjung di seluruh dunia. Dengan kata lain, blog yang hanya satu niche dan bukan blog berita campuran, maka kata mereka yang berpengalaman dalam dunia blog, katanya blog kita mampu bersaing dengan para blogger dalam mendapatkan posisi terbaik di search engine.

Saya dapat membenarkan pendapat demikian. Baru-baru ini tepatnya 16 Juni 2017, saya membuat tiga blog dengan niche yang berbeda-beda. Artinya saya membuat blog yang fokus pada satu bidang. Seperti blog ini, saya fokus pada pembahasan tentang “penampilan blog Seo Friendly”, yang lain tentang “tutorial blog pendidikan”. Bagian terakhir cepat mendapat peringkat tertinggi yaitu pada urutan 1 Google dengan kata kunci “Tutorial Blog Pendidikan”. Tingkat persaingan sangat besar, yaitu 1.890.000. Dengan tingkat persaingan yang tinggi ini, rasanya blog yang baru dibuat 1 Minggu sulit mendapat posisi teratas, tetapi itulah fakta bahwa google menempatkan blog saya dengan tema Tutorial Blog Pendidikan pada urutan pertama. Sedangkan blog saya yang bertemakan Tampilan Blog Seo Friendly mengalami proses waktu yang agak lama untuk berada pada urutan 1 Google.co.id. Namun sudah mulai terindeks oleh google. Pada tanggal 15 Juli 2017, saya mencari melalui handphone dan notebook serta laptop, peringkatnya pada urutan 5, sedangkan di Dekstop komputer pada urutan 30. Posisi ini bagi saya sebuah kemajuan, karena untuk mencapai persaingan dalam posisi di Google dengan kata kunci yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi akan menyulitkan kita dalam rangking blog.

Memang benar bahwa urutan di Google bukan urutan yang diatur oleh kita tetapi oleh mesin pencari. Namun tetap ada peran kita dalam membantu mesin pencari agar mudah mendapatkan blog kita. Salah satu cara yaitu buatlah blog yang hanya membahas satu topik.


4. Posting beberapa artikel dalam sehari


Berdasarkan pengalaman membuat blog, blog akan terindek oleh google dan mendapat banyak pengunjung bila kita memposting beberapa artikel. Pernah saya posting 7 artikel dalam satu hari, dan mendapat banyak pengunjung yang sangat fantantis, yaitu diatas 2.000-an, tetapi setelah itu agak sulit mendapat pengunjung sebanyak itu dalam memposting artikel. Kemudian pada bulan Juni 2017, ketika saya mengisi hari liburan saya selama 1 Minggu, saya membuat 2 blog. Masing-masing blog itu saya buat 6 postingan dalam sehari disertai gambar-gambar yang relevan.

Hasilnya blog cepat mendapat peringkat. Artinya google menyukainya. Tetapi usahakan agar tetap ada postingan pada hari-hari selanjutnya sehingga tidak dianggap spam. Postingan juga jangan kopi paste tetapi hasil ide pikiran kita yang berkorelasi dengan tema blog.


5. Pakailah template blog yang memiliki fitur Seo Friendly


Pada waktu membuat blog, saya mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan template blog bawaan dari blogspot. Setelah memposting beberapa artikel (saya mencoba dengan 6 postingan) beserta gambar yang sesuai isi postingan. Kemudian saya cari template blogger yang ada fitur Seo Friendly, Responsif, Loading page dan beberapa fitur yang menurut saya akan membantu blog saya disukai mesin pencari seperti google. Selain itu, enam postingan dengan gambar tersebut dimaksudkan agar ketika menggunakan template blog dari template blogger tidak akan mengganggu struktur template, seperti tata letak dan lain sebagainya.


6. Rajin membuat postingan di blog yang disukai google


Supaya tidak dianggap blog saya sebagai spam oleh google maka menjelang beberapa hari saya isi blog dengan sejumlah artikel. Bisa satu artikel atau lebih, bergantung suasana hati. Kalau lagi betah maka saya bisa posting 3 postingan disertai gambar. Tetapi jangan terlalu banyak gambar nanti mempengaruhi kecepatan loading blog.

Gambar untuk postingan itu saya suka karena setelah posting saya lihat hasil postingan. Apakah hasil postingan dan gambar itu serasi. Kalau serasi dan memperindah tampilan blog maka saya akan pertahankan. Akan tetapi bila kurang cocok maka saya hapus dan ganti dengan gambar lain yang lebih cocok. Namun inti bagian ini yakni rajin membuat postingan. Bila kita rajin membuat postingan maka blog kita akan bebas dari anggapan spam oleh google.

Rajin membuat postingan di blog juga disukai oleh google, apalagi google Adsense. Jadi, rajin membuat artikel dan posting di blog. Bila kesulitan mendapat ide maka kunjungi blog lain yang temanya sama, baca dan mencari inspirasi, kemudian oleh kembali dalam naturalisasi tulisan anda. Anda membahasakan sendiri, bukan kopi paste.


7. Sertakan postingan dengan gambar yang disukai google dan pengunjung


Blog tanpa gambar hilang aspek estetika (keindahannya). Pada hal manusia adalah makluk rasional (suka berpikir) tetapi juga suka hal-hal yang indah.

Coba kita bayangkan, bila seorang penyanyi membawakan sebuah lagu dengan suara merdu pasti sangat disukai penonton, sebalinkya bila suaranya kurang merdu maka akan jadi bahan cemohan atau tidak disukai penonton. Demikianlah dalam dunia blog. Setiap pengunjung punya dimensi rasional dan seni. Oleh karena itu blog yang tampilannya memenuhi unsur seni yaitu ada gambar pada setiap postingan maka akan membuat pengunjung senang melihat dan membaca isi blog kemudian akan mempengaruhinya untuk berkunjung pada hari-hari selanjutnya.

Alangkah bagusnya kalau kita punya foto sendiri tetapi harus dikompres sebelum kita sertakan dalam postingan. Kompres terhadap foto bermaksud agar loading blog kita tidak lelet tetapi mudah diakses karena kecepatan loadingnya terjaga dengan memposting foto yang tidak menambah beban blog. Jika belum punya foto sendiri maka kita bisa download secara free di Pixabay.


Semoga Bermanfaat


Post a Comment

Previous Post Next Post